globe
     MANAJEMEN RISIKO

Bank DKI di dalam melakukan pengelolaan risikonya menerapkan 8 (delapan) jenis risiko sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, yaitu: Risiko Kredit, Risiko Pasar, Risiko Operasional, Risiko Likuiditas, Risiko Hukum, Risiko Kepatuhan, Risiko Reputasi dan Risiko Strategis.

 

Pengelolaan kedelapan jenis risiko terus diupayakan agar sejalan dengan Road Map Basel I dan Basel II serta ketentuan Bank Indonesia. Sampai saat ini, Bank DKI senantiasa mengikuti dan menyesuaikan perkembangan maupun peraturan yang terbaru yang dikeluarkan oleh otoritas perbankan antara lain sebagai berikut :

 

Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 11/25/PBI/2009 tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 5/8/PBI/2003 tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Umum.

 

Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 13/1/PBI/2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

 

Surat Edaran (SE) Bank Indonesia No. 13/24/DPNP tanggal 25 Oktober 2011 perihal Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

 

Surat Edaran (SE) Bank Indonesia No. 13/23/DPNP tanggal 25 Oktober 2011 perihal Perubahan atas Surat Edaran No. 5/21/DPNP perihal Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum.

 " Bank DKI senantiasa meningkatkan Risk Awareness dalam penerapan budaya sadar risiko terus diimplementasikan kepada seluruh karyawan Bank DKI pada setiap tingkatan dan pada setiap pelaksanaan aktivitas operasional dan non operasional perbankan. "

 

Dalam rangka penerapan manajemen risiko, Bank DKI senantiasa melakukan penyempurnaan diberbagai bidang, antara lain peningkatan risk awareness dan penyempurnaan metodologi serta infrastruktur manajemen risiko. Bank DKI memandang kedua hal tersebut merupakan hal penting dalam menerapkan manajemen risiko yang mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi manajemen dalam mengambil keputusan. Bank DKI telah memiliki Pedoman Manajemen Risiko. 

 

Profil Risiko Bank DKI
Profil Risiko Bank DKI 2010 2011 2012
Profil Risiko (Komposit) Sedang Rendah ke Sedang Rendah ke Sedang
Risiko Inheren Bank DKI Sedang Rendah ke Sedang Rendah ke Sedang
Risiko Inheren UUS  -  - Rendah ke Sedang
Kualitas Penerapan Manajemen Risiko  Acceprable Fair Fair

 

 

Profil Risiko Bank DKI Tahun 2012
 Jenis Risiko Profile Risiko Bank DKI Tahun 2012  
Rendah Rendah ke Sedang Sedang Sedang ke Tinggi Tinggi
Profil Risiko (Komposit) Sedang Rendah ke Sedang Rendah ke Sedang    
Risiko Inheren Bank DKI Sedang Rendah ke Sedang Rendah ke Sedang    
Risiko Inheren UUS  -  - Rendah ke Sedang    
Kualitas Penerapan Manajemen Risiko  Acceptable Fair Fair    

 

Risiko Komposit Bank DKI Desember 2012 adalah “rendah ke sedang” dengan Risiko Inheren untuk Bank DKI dan juga Unit Usaha Syariah Bank DKI adalah “rendah ke sedang” dan kualitas penerapan manajemen risiko pada posisi “fair”, terjaga stabil dari tingkat risiko komposit Bank DKI per Desember 2011 yang juga berada pada posisi “rendah ke sedang” dengan Risiko Inheren adalah “rendah ke sedang” dan kualitas penerapan manajemen risiko pada posisi “fair”.

Penilaian Risiko Inheren untuk Unit Usaha Syariah baru dilaksanakan pada tahun 2012 berdasarkan Peraturan Bank Indonesia tentang Manajemen Risiko.